Workshop · Writing Contest

Makanan Tetap Segar dan Sehat dengan Kulkas Berkualitas dari Ploytron

IMG20180504111556

IMG20180504143141

“Makan makanan sehat sudah menjadi lifestyle” sebuah penyataan yang saya aminkan. Siapa disini yang tidak ingin hidup lebih lama dalam keadaan sehat? Pastinya kita semua ingin menikmati hidup yang lebih lama dan dalam keadaan yang sehat. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang kita makan. Kalau hari-hari biasa mungkin tidak sulit untuk mengatur pola makan, misalnya pagi sarapan buah, kemudian siang makan sayur yang banyak dan berserat, malamnya bisa dengan buah lagi. Nah, karena sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, bagaimana caranya supaya tetap bisa makan makanan selama Ramadhan? Yuk ikuti ceritaku selama mengikuti acara Womantalk Class : Healthy Plan for Ramadhan Supported by Polytron.

Acara pertama kali dibuka oleh editor engine dari Womantalk yaitu Leyla Safira yang memberikan kata sambutan kepada semua peserta yang datang, kemudian dilanjutkan dari pihak Polytron yang dibawakan oleh Mba Shasa.

Dan acara yang ditunggu-tunggu mulai, talkshow yang diisi oleh beberapa narasumber yang ahli dibidangnya. Ada Mba Nadia dan Mba Jocevlyn Halim yang merupakan nutritionist dari Medifit dan mamak kece Fifi Alvianto influencer yang sangat menginspirasi lewat IG maupun blog-nya.

IMG20180504120227

Talkshow dimulai dengan Mba Nadia yang menjelaskan tentang hakekat puasa itu apa dan manfaat yang akan didapat jika kita mengerjakan puasa (Selain dari sisi ibadah). Manfaat puasa itu antara lain:

  1. Membentuk pola makan sehat
  2. Mengistirahatkan sistem pencernaan
  3. Meningkatkan sistem imun
  4. Menurunkan kadar insulin
  5. Kerja hormon yang lebih efektif

Selain itu dengan menerapkan pola sahur dan berbuka yang benar, kita tetap dapat menjaga agar tubuh dapat tetap sehat.

Pola makan yang dianjurkan saat berpuasa:

  1. Minum 2 gelas air saat sahur, minum 2 gelas air putih saat berbuka, kemudian saat sebelum atau di sela-sela melakukan shalat tarawih, kemudian 2 gelas sebelum tidur
  2. Usahakan memakan makanan yang tinggi serat dan berair (buah atau sayur yang berkuah)
  3. Memakan karbohidrat komplek (seperti nasi merah, roti gandum)

 

Menurut Jocevlyn komposisi makanan yang baik itu minimal terdiri dari 3 macam: karbohidrat komplek, protein dan serat, seperti yang ada pada gambar dibawah :

jocevlyn
pic from Jocevlyn’s presentation

Hindari makan gorengan dan minuman bersoda saat berbuka, karena tidak bagus untuk tubuh. Wah, padahal sudah jamak ya di masyarakat kita, kalau berbuka kadang ada pisang goreng, bala-bala, bakwan dan sebagainya hihi. Jangan lupa jika berpuasa tetap aktif bergerak, berolahraga ringan dan yang pasti jangan hanya bermalas-malasan. Meskipun tidur selama puasa Ramadhan sudah berpahala, kalau kita dapat melakukan hal baik lainnya bukankah lebih bagus?

Selanjutnya Mba Fifi Alvianto yang memberikan tips dan trik untuk memudahkan dalam menyiapkan makan sehat selama bulan Ramadhan. Dulunya Mba Fifi menerapkan cara ‘masak dulu malamnya, pagi tinggal angetin’ dengan cara menyimpan makanan yang sudah jadi ke dalam kulkas. Akan tetapi sekarang Mba Fifi menerapkan Food Prep, dimana bahan makanan disimpan didalam kulkas sudah dalam keadaan siap masak (sudah dipotong-potong dan dipisah-pisah sesuai dengan jenisnya) kemudian pagi saat sahur tinggal cemplung-cemplung.

Saran Mba Fifi, bagi yang sudah mempunyai anak yang akan ikut berpuasa alangkah baiknya jika kita melakukan mix menu sesuai dengan kesukaan anak-anak. Misalnya jika mereka hanya ingin makan sereal atau roti, jangan dilarang. Tapi tetap mix dengan perbanyak buah dan air putihnya agar tetap terjaga asupan gizinya.

IMG20180504124703
finally met her

Menerapkan metode food prep menurut saya cocok banget ya untuk mamak-mamak yang ogah repot dalam menyiapkan makanan terutama sahur, dimana harus bangun pagi-pagi untuk masak. Kalau saya masak itu sebenarnya cukup singkat, enggak sampai setengah jam sebenarnya sudah mateng ya. Tapi kenapa jadi lama? Itu karena saya yang lama persiapan sebelum masaknya seperti memotong sayuran, kupas bawang merah bawang putih, potong cabe dll.

Sesi acara ditutup dengan pembuatan dessert sehat dari Mba Ary Joanita. Kita membuat chia seed pudding, wah seru banget kan. Sudah enak, sehat pula ini dessert-nya. Untuk chia seed pudding-nya sendiri, Mba Ary membuat sebelum acara dimulai yaitu sekitar 2/3 jam sebelum demo membuat dessert. Penyimpanan dilakukan di dalam kulkas (bukan area freezer). Wah, cepat juga ya, tidak butuh waktu lama sudah bisa jadi pudingnya. Potong buah segar dan plating hiasan buah di atas pudding. Kemudian ada tambahan saran dari Mba Ary untuk memilih makanan yang bagus/lebih sehat dan sebisa mungkin menggunakan bahan yang alami/organik.

IMG20180504140626
chia seed pudding

Belleza 3 by Polytron

Nah, jika kita sudah menemukan cara yang tepat untuk mempersiapkan sahur maupun buka puasa. Pun sudah mengetahui tata cara penyimpanan bahan makanan yang tepat, tidak boleh luput juga kita harus menyiapkan tempat penyimpanan yang bagus bukan? Supaya mutu dan kualitas bahan makanan yang kita simpan tetap terjaga.

IMG20180504110532

Salah satu brand nasional, brand lokal karya anak negeri yang mengeluarkan kulkas varian terbaru. Polytron, perusahaan elektronik yang berdiri pada tahun 1975 yang berdiri di Kudus ini tidak mau kalah bersaing dengan brand lainnya. Jika kita hanya mengenal Polytron lewat TV nya, jangan salah. Polytron juga punya yang lain, yang terbaru adalah Kulkas Belleza 3. Sesi ini diisi oleh Pak sugiat dan Mba Shasa yang menjelaskan dengan detail kulkas Belleza 3

IMG20180504120934

Kulkas ini mempunyai 2 ukuran, yaitu 21Q dan 28Q. Perbedaannya apa sih dari 2 type ini ? sebenarnya beda di kapasitas, watt dan desainnya. Dimana yang 28Q mempunyai 2 kompartemen yang merupakan keunggulan utama dari produk Belleza3 ini.

Keunggulan-keunggulan lain kulkas ini adalah:

  1. Terdapat 2 buah kompartemen khusus yang digunakan untuk membedakan penyimpanan sayur dan buah
  2. Terdapat switch ventilasi udara (humidity control system) yang digunakan untuk memberikan cukup udara di kompartemen sayur agar tetap terjaga kesegarannya
  3. Kulkas 2 pintu mempunyai keunggulan lain dimana bunga-bunga yang terbentuk dari freezer akan menguap sendiri
  4. Mempunyai sistem photocatalytic deodorizer yang dapat menghilangkan bau tidak sedap yang ada di kulkas
  5. Garansinya? 10 tahun garansi kompresor cuy

5-16-2018 10-46-12 PM
pic from website Polytron

Dengan keunggulan-keunggulan diatas, sudah pasti nantinya bahan makanan yang disimpan bukan hanya bisa tahan lama, juga dapat tetap menjaga kualitasnya. Pernah dilakukan pengujian dengan menyimpan apel di kulkas ini, dan tahan sampai 15 hari. Tidak ada yang berubah dari bentuk apelnya, pun saat dimakan masih renyah.

5-16-2018 10-20-04 PM
pic from website Polytron

Selain itu terdapat fitur-fitur lainnya yang mempercantik kulkas ini. Jika kita didepan kulkas ini, bisa sambil ngaca lho (penting banget buat ibuk2 yaa, hehe). Mau lebih luas penyimpanannya? Tenang, raknya bisa dilepas pasang. Mau yang di freezer-pun dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan kita. Mau hemat energi? Jelas, dengan lampu LED yang dipasang kita dapat menghemat sampai 70%. Warna-warna yang diusung juga cantik dan dapat disesuaikan dengan desain dapur kita.

5-16-2018 9-48-58 PM
pic from website Polytron

Bagaimana? Menarik sekali bukan kulkas Belleza3 ini, jadi pengin punya satu dirumah untuk persiapan Ramadhan dan seterusnya. Kalau mau lebih jelas, dapat langsung mengunjungi situs Polytron di https://www.polytron.co.id/products . Sudah dibahas lengkap dan detail untuk mengetahui spesifikasi produknya. Jika mau membeli tinggal klik di link tersebut ya, tidak usah khawatir dengan harga ya, dengan kualitas yang didapat harga yang ditawarkan sangat ramah dikantong.

IMG20180504142926

Thankyou Womantalk and Polytron for having me. Selamat mempersiapkan Ramadhan yang lebih sehat semuanya, 😊.

.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s