WeekendActivity · Workshop

#LLCLass : Menyulam kebahagiaan bareng NengIren

Judulnya bikin sebel enggak sih? Hehe. Siapa yang berpikiran kalau menyulam itu pekerjaannya nenek-nenek saja? Ahh, saya dulu juga mikirnya begitu. Kenapa? Karena nenek saya hobbinya menyulam. Yupp, segala pernak pernik dirumah beliau dulu seperti taplak meja, serbet, sapu tangan dibuat lebih cantik menggunakan hiasan sulaman. Motif yang sering dibuat oleh nenek sayapun waktu itu sebagian besar bunga. Jadi mindset saya sulaman itu identik dengan nenek-nenek dan bunga.

Nah, saat ada info by gmail dari Living Loving ada kelas embroidey dengan Neng Iren, saya langsung cek ke IG nya si Neng Iren. Saat itu juga mindset saya tentang sulaman yang identik dengan nenek-nenek dan bunga-bungaan langsung bubar jalan, :D. Iyaaa, saya langsung ngowoh, takjub. Apaa? Ini mah kayak gambar (lukisan) yang disulam. Keren banget. Langsung saya tag kedua teman saya untuk ikutan, Oya dan juga Dea. Awalnya Dea sudah daftar untuk kelas pagi, dan akhirnya ikutan gabung sama kita di kelas sore.

Saya datang pas jam 2 karena macetnya ke arah Kemang sudah tahu dong pasti ya weekend begini. Dan untungnya studio LL yang baru benar-benar di pinggir jalan raya, sebrang Kemang Village, jadi langsung ketemu alamatnya. Pas saya selese register, tidak selang berapa lama langsung mulai, alhamdulillah. Tapi 2 teman saya masih di jalan, huhu.

Sebelum dimulai kelas, ada pembukaan dari duo Living Loving: Mbak Nike dan Mamir, bercerita sedikit tentang LL dan kelas LL yang sudah beberapa kali diadakan (hampir 2 minggu sekali ada kelas). Kemudian dilanjut dengan Neng Iren memperkenalkan diri dan cerita sedikit bagaimana akhirnya bisa mencintai sulaman. Selain itu neng Iren juga berbagi tipe benang dan jarum yang digunakan. (ps: kalau mau kenal lebih lanjut dengan Neng Iren, LL sudah menulis lengkap disini)

IMG20171209140640
paket yang kita dapatkan, komplitttt

Neng Iren ini ya ramahnya ampun deh, selain itu telaten banget ngajarin kita. Tiap 4 orang di datengin, jadi tidak perlu takut tidak faham ya karena kalau nanya juga pasti langsung dijawab dan diajarin. Jadi kalau ada yang bingung pasti akan dijelaskan se-detail mungkin.

IMG20171209154309
ssssttt, jangan berisik dulu yaa

Pertama-tama kita diajarkan teknik dasar menyulam (beberapa jenis jahitan) yang mungkin akan digunakan:

IMG20171209160923
maapkan ada yang tidak rapi, T.T

Setelah dapat membuat semua jenis model jahitan kita diminta mengaplikasikan ke tote bag yang sudah disediakan. Pertama-tama kita menempelkan kertas karbon dan gambar. Kemudian kita gambar mengikuti pola yang sudah dibuat dan disediakan oleh Neng Iren.

IMG20171209161216
ini yang mau di sablon
IMG20171209163316
sudah berpindah ke tote bag gambarnya

 

Beberapa ilmu yang saya dapat dari Neng Iren dalam menyulam:

  1. Jangan langsung menekan jarum, putar-putar jarum sampai masuk ke kain
  2. Saat memasukkan jarum juga sama, jangan langsung ditekan. Intinya jangan sampai membuat lubang yang terlalu gede di kain
  3. Saat memulai, fokuskan pada point of view yang ingin ditonjolkan. Misalnya, pola yang kita buat adalah wajah cewek, maka yang pertama dibuat dan diprioritaskan adalah menyulam di bagian wajahnya.
  4. Dibuat se-alami mungkin. Maksudnya begini, saat membuat rambut Neng Iren biasanya membuat pola sulamannya terlebih dahulu, kemudian disulam mengikuti pola-pola yang terkadang arahnya tidak berarturan tersebut. Supaya apa? Supaya kesan rambut berantakannya dapet.
  5. Sering latihan supaya tahu mana jenis jahitan yang sesuai dengan pola yang kita buat
  6. Kunci utama yang harus ada saat melakukan ini adalah : TELATEN
IMG20171209170900
di akhir sesi, sebelah mata sayu ini jadi juga hihihi

Bagi saya yang sudah 2 kali ini ikut #LLClass (#LLClass sebelumnya tentang blog, dapat dilihat disini), selalu seru kelas-kelasnya. Kelasnya dibuat intens untuk 1 sesi, biasanya maks 10-15 orang ya jadi bisa fokus dan belajar, hihi. Selain itu soal urusan perut? Jangan khawatir, di #LLClass kemarin snacknya dari @PesanTampah trus supaya kita enggak ngantuk, secara kan menyulan butuh mata yang on terus tak lupa ada Nescafe Dolce Gusto yang siap menemani selama kelas berlangsung.

IMG20171209160415

Kami yang terlalu antusias sampai tidak sadar kalau sudah jam 5, kelas harus diakhiri dan tentu saja penutup acara dengan melakukan foto bersama plus minta-minta selfie bareng, eheee.

IMG20171209171222
happy face
IMG20171209171702
see you again gengs 🙂

Thank you Living Loving, Neng Iren, Nescafe dan Pesan Tampah yang telah membuat sabtu saya dan teman-teman jadi produktif, ditunggu #LLClass selanjutnya. Semoga berjodoh lagi 😊

Advertisements

2 thoughts on “#LLCLass : Menyulam kebahagiaan bareng NengIren

  1. Aku dulu sempat belajar menyulam di sekolah mbak. Bisa sih, cuma nggak rapi 🙂 Aku emang bakatnya nggak kesitu kali ya…lebih ke masak dan makan…ha ha ha….

    Yang bagian selimut aku suka merhatiin di selimut2 rumah sakit…pas begitu jelujurnya ya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s