WeekendActivity · WeekendTrip

Belajar peka terhadap lingkungan Bersama WWF Indonesia

Berbicara mengenai lingkungan, kita pasti sudah tidak awam dengan WWF. Sebuah organisasi yang bergerak di bidang lingkungan untuk menjaga alam agar tidak rusak oleh perilaku penghuninya. Sudah bukan isu yang basi jika global warming semakin meningkat. Penggunaan bahan kimia, penebangan hutan liar, mulai punahnya hewan-hewan endemik yang ada di hutan membuat kita harus mulai was was.

IMG20171125110540

Nah, di acara Supporter Gathering  WWF 2017 ini saya diberi tahu oleh teman sebelah kamar saya  dan kemudian saya tanya-tanya sama temen yang sudah pernah ikutan. Secara, saya anaknya enggak kuat kalau harus hiking, ehh ternyata ini trekking kok. Saya pikir trekkingnya view nya yang gimana gitu ya, nyatanyaaa indah bangett. “udah ikut aja, cuman susur kebun teh ini” begitu kata temen saya Hening untuk memotivasi saya agar mau ikutan. Akhirnya saya ikutan daftar deh.

IMG20171125113906
kan bener, susur kebun teh 😀

Beruntungnya kantor WWF ini ada di seberang kost kami (Saya dan Egha), jadi kami jam setengah 6 baru nge-gojek kesana (#Gojeklife banget buuu). Pas sampai langsung dikasih goodie bag. Isinya? Buanyakkk. Ada kotak makan plus isinya, kaos, jas hujan (yey, akhirnya punya jas hujan) plus si goodie bag itu sendiri. Kita ganti menggunakan kaosnya, kemudian diberi pin dan pita sesuai dengan kelompoknya. Nah, setelah peserta datang semua, kita dibagi untuk berkumpul per kelompok. Saya masuk kelompok biru, bareng dengan Didie, Aldy, Maya, Habibi dan duhhh maap ya yang lain lupa -__-“.

IMG20171125135531
we are blue team

Kemudian kita meneruskan perjalanan ke puncak dengan menggunakan 2 buah bus. Weekend ke Puncak? Can you imagine the traffic jam? Yasss, ini pertama kalinya saya ke Puncak (katrok kaliiii, di Jakarta sudah hampir 6 tahun padahal) dan kita berangkat pas kena jalur buka tutup untuk masuk ke Puncaknya, okesippp. Hampir 2 jam menunggu jalur dibuka, kita bahkan sampai jajan-jajan ke mamang-mamang yang lewat :D. nyari cemilan bok, macet buat perut jadi lapar ya (menurut ngana?). Ohh, ada lagi yang lebih epic, mbak-mbak turun kemudian selfie ditengah-tengah kendaraan. Pliss deh mbak (ps: ini bukan dari rombongan kami). Akhirnya setelah jalurnya dibuka, kami melanjutkan perjalanan. Hawa dingin sudah mulai masuk menusuk tulang. Di kanan kiri jalan banyak villa yang dapat disewa, dan tentu saja makanan banyak hihi.

Sampai di kebun teh, kita harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan…… truk. Ahh, jadi inget jaman SMA, setelah lari beberapa kilo pulangnya kembali ke sekolah nebeng truk yang lewat, hahaha. Medannya wow banget memang, jalan menanjak dan berkelok-kelok plus jalan penuh dengan bebatuan. Kita di atas truk kurang lebih 15 menit trus turun di padepokan. Di padepokan kita diberikan briefing singkat tentang kegiatannya nanti. Setelah itu kita diminta untuk membuat yel-yel.

IMG20171125104831
kayak mo senam yak si diah? hahah

Dannn, penjelajahan-pun dimulai:

  1. Pos serangga

Pos pertama untuk tim biru, kita belajar tentang jenis-jenis serangga, cara menangkap serangga, alat-alat yang digunakan untuk menangkap serangga dan fungsi dari serangga itu sendiri. Mungkin tidak terpikir ya oleh kita, apa manfaat serangga, kalau ada di rumah sudah pasti cepat-cepat ingin dimusnahkan kan itu serangganya? Hehehe.

IMG20171125114346
siapa yang ngeliat ini jadi inget spongebob?

Salah satu fungsi serangga di kehidupan kita yaitu untuk membantu proses penguraian sampah di tanah. Oiya, serangga ini saya lupa namanya, tapi yang bentuknya kecil sekali. Bisa dibayangkan dibutuhkan berapa banyak untuk melakukan penguraian sampah di tanah dengan serangga yang super kecil. Dan, yang bisa diuraipun seperti daun, sampah kulit buah dll.

  1. Pos burung

Bird watching, who loves this activity? Jujurrr, saya lihat burung langsung ya kalau di jalanan, di tiang listrik, di kandang yang ada di rumah orang tua (dulu saat masih ada peliharaan burung) plus mentok burung-burung yang ada di kebun binatang.

IMG20171125115906
pawang elang si bapaknya

Oke, bird watching ini lebih ke melihat dan mengenali kegiatan burung di alam bebas, di alamnya sendiri. Alat yang digunakan untuk bird watching ini memang utamanya teropong ya, tapi perlu Teknik khusus agar dapat mengamati burung-burungnya. Teropong yang digunakanpun ada 2 jenis: binokuler dan monokuler. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ya.

IMG20171125115859
binokuler
  1. Pos camera trap

Yapp, baru kali ini ngelihat kamera trap secara langsung, biasanya kan cuman lihat hasilnya saja kan yah di NatGeo misalnya. Nah, sesuai dengan namanya, kamera ini digunakan untuk ‘menjebak’ aktifitas dan kebiasaan dari hewan yang akan diteliti.

IMG20171125121807
dijelasin cara pakai si kamera trap-nya

Kenapa sih kita harus merekam aktifikas dan kegiatan mereka? Simple-nya supaya kita dapat mengetahui kebiasaan dan pola mereka di lingkungan tempat tinggalnya. Pengen melihat secara langsung bagaimana hewan ini berinteraksi dengan lingkungan dan bahkan makhluk lain yang ada disekitarnya.

IMG20171125122951
keliahatan kan kita sedang jalan dan terekam oleh si kamera trap ini
  1. Pos gorengan (lah)

Jadi ini bukan pos ya sebenernya, hanya saja ada mas-mas yang bawa dua buah nampan gedeeee berisi gorengan. Bau semerbak langsung merayap, plus perut mulai berisik minta makan. Waktu sudah pukul 12 lewat, langsung ambil 3 gorengan (hahaha, laparrr bukk?)

  1. Pos air

Di pos air ini kita diberitahu tanda-tanda air yang masih bersih. Terdapat banyak hewan air yang menjadi indikator bahwa air tersebut masih bersih. Ada lebih dari 80 jenis hewan air yang jika mereka masih dapat kita temukan di perariran itu menandakan bahwa airnya bersih.

IMG20171125125144
bening yah?

FYI yah, kita melakukan ini di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung. See? sungai yang sering jadi kambing hitam kalau Jakarta banjir, nyatanya bening bangett loh alirannya di kebun teh ini, 🙂

  1. Pos menanam pohon

Yassss, ini diaa puncak acaranyaa. Para peserta akan menanam pohonnya masing-masing. Siapa yang menyangkal kalau pohon mempunyai peran yang begitu besar bagi kita. Semakin banyak pohon, ketersediaan oksigen akan semakin banyak, kualitas udara menjadi lebih baik. Yuk ahh mulai menanam pohon, dapat dimulai dari halaman rumah kita loh. 😊

IMG20171125134358
sesi pencitraan, biar ditanya bojo ada hasilnya jalan-jalan kali ini

Setelah semua rangkaian ‘susur kebun hhe’ selesai, akhirnya kami makan. Menunya? Beuhhh, cucmey beb kalau kata kids jaman now. Hahahha.

IMG20171125141227
ini endeusss pake banget, kalau kata Pak Bondan Maknyusss

Well, menjaga lingkungan tidak harus kok ikutan WWF, tidak harus ikutan dimana-mana, mulailah dari diri kita sendiri. Yang paling penting sayangi lingkungan kita, sayangi binatang-binatang yang ada di sekitar kita.

FB_IMG_1513325336990
We are all happy 🙂

Jadi, sudah berbuat apa untuk bumimu hari ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s