Bahagia Itu Sederhana

BIS#4: Mengoleksi Buku

Salah satu hobby saya yaitu membaca. Bisa dikatakan ini mood booster saya sih. Buku apa saja saya doyan, mau yang berbobot maupun yang receh sekalipun, tapiii bukan buku sembarangan ya. Abah saya gemar membaca buku, yang sudah pernah main kerumah saya di Blora pasti tahu bagaimana berantakannya rumah kami, karena di setiap sudut terdapat buku maupun majalah yang tercecer. Meskipun sudah dirapikan, tapi tetap saja akan kembali ke tempat semula sebelum dirapikan.

Bisa dibilang, hobby saya ini turunan dari abah ya. Secara beliau sejak dulu selalu mendoktrin saya “ daripada melamun, baca buku. Tar kemasukan jin lho”. Dan itu kata-kata yang manjur lho, saya jadi doyan buku. Dari jaman SD saya sudah mendaftar ke perpustakaan daerah, kebetulan tempatnya tidak begitu jauh dari rumah. Selain itu hobby ke perpustakaan yang didirikan oleh tetangga saya. Uang jajan dikumpulkan untuk biaya sewa buku di perpustakaan tetangga saya tersebut. Seminggu bisa habis beberapa buku, ditambah meminjam buku yang ada di perpustakaan sekolah. Memasuki SMA, bacaan saya sudah semakin berat, dimulai dengan seri teenlit dan metropop. Dan saya mulai suka novel-novel dewasa karya Fira Basuki, Djenar Maesa Ayu dll. Buku Mbak Fira pertama yang saya baca waktu itu berjudul PINTU, kemudian ATAP kemudian Jendela-jendela baru saya baca pas sudah kerja di Jakarta karena baru nemu. Jadi, dari dulu kalau ada uang berlebih pasti pengennya beli buku, especially novel ya. Saya penggila novel, ehee. Jadi, kalau ada novel bagus ya saya beli. Jaman kuliah, dibanding buat beli yang aneh-aneh atau jajan aneh2, saya prefer dan lebih tega kalau untuk beli buku.

IMG20170913201730-01

Saya bisa bilang kalau buku merupakan jendela mimpi saya. Kenapa? Karena dengan membaca, saya secara tidak langsung ikut larut membayangkan lokasi yang diceritakan penulis. Jadi semacam mimpi travelling ke tempat yang diceritakan. Dan, dari beberapa buku buku itu ada yang beneran terwujud 😊

Contohnya:

  1. Saat SD saya baca buku tentang Bantimurung, siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang dijuluki “Kingdom of Butterflies” oleh Belanda ini. Saya sangat terobsesi waktu itu, saya ingin sekali ke tempat itu. Dan, mimpi saya terwujud setelah lebih dari 10 tahun kemudian, saat saya kerja saya mengambil libur Sabtu Minggu untuk solo travelling ke Makassar. Ada rasa haru di hati, saya berhasil ke tempat ini, tempat impian yang dari jaman SD hanya saya lihat dan rasakan lewat buku lusuh bersampul hijau.
  2. Another dream come true, sejak SMA itu saya jadi mengidolakan Mbak Fira, siapa   sangka saya kemudian jadi sodaraan sama Mbak Fira secara tidak langsung. Karena, adik kandung Mba Fira menikah dengan anak pakdhe saya. Hihihi
  3. Membaca buku Tere Liye berjudul “Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah”. Latar belakang kota Pontianak yang masih menggunakan perahu untuk alat transportasi karena lebih cepat lewat sungai bila dibandingkan dengan darat menyedot perhatian saya. Kemudian saya mbatin “seru kali ya, kemana-mana naik perahu”. Dan beberapa bulan kemudian, saya tugas di Tayan, sebuah kota kecil di Kalimantan Barat berjarak 2 jam dari kota Pontianak, dari hotel menuju kantor saya naik boat atau perahu kayu jika tidak ada boat selama 6 bulan lamanya. Ahhaha, bisa dibayangkan bagaimana hidup di pabrik di tengah hutan belantara? Rupiahpun tak laku karena mau belanja apa-apa enggak ada. #Lebayyy. But, I really enjoy it.

IMG20170609135557

Nah, itu sebagian kecil mimpi saya yang terinspirasi dari buku, setiap membaca buku saya bisa terhipnotis olehnya. Seperti buku Bumi Cinta karya Habiburrahman, yang berlakang belakang Austria. Salah satu negara yang ingin saya kunjungi. Semoga Alloh menjawab do’a-do’a indah kita yang lain ya, apapun itu pasti terbaik untuk kita.

Jadi, bagaimana pengalaman kalian dengan buku? Boleh dong dibagi ceritanya.

 

Advertisements

2 thoughts on “BIS#4: Mengoleksi Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s