WeekendTrip

Long Weekend di Maldives-nya Indonesia

Hello long weekendddd (eh hari Jumโ€™atnya ini masih masuk ding, hehe). Duh lama banget yaa enggak update, maklum mamak2 yang lagi idle ini sok sibuk mulu :D. Meski weekend dan pas puasa tetep on, jangan kendur yaa semangatnya. Biar makin semangat, saya mau menulis cerita perjalanan saat menghabiskan waktu long weekend di Maldives. Whattt Maldives? Iyaaa, Maldives-nya Indonesia, aka Derawan Island dan sekitarnya, eheeee. Jadi, pas banyak banget long weekend di bulan Maret lalu, suami saya mengikutsertakan saya di acara Gathering departemennya. Duhh, jauh banget ya gathering ke Derawan, hihihi.

Langsung saja yuk ikutin perjalanan saya kali ini:

Day 1

Perjalanan ini jumat siang saya langsung cuss ke Soetta mengejar pesawat sore, supaya sampai di Balikpapan tidak terlalu malam. Tiket Jakarta ke Balikpapan ini seharga kurleb 680.000 ribu ya, dengan L*on Air. Kalau yang lain ya memang lebih mahal, Alhamdulillah saja enggak delay lama, setengah jam saja.

Sampai Balikpapan saya langsung menuju Fave Hotel, rate hotel ini 300ribuan sudah bisa dapat sarapan. Lumayan banget karena kamarnya juga nyaman. Mas bojo nyusul jam 2 pagi ke hotel, maklum perjalanan darat dari Bontang ke Balikpapan bisa memakan waktu 6-7 jam.

Day 2

Kami menggunakan rute Balikpapan-Berau untuk menuju ke Derawan. Penerbangan ke Berau ada beberapa maskapai ya, ada Sriwijaya Air, Lion Air juga tapi kita menggunakan Garuda Indonesia dengan rate 850ribuan.

IMG20170422082017

Sampai di bandara Berau, sudah ada agen travel yang memang sudah dipesan oleh departemen suami untuk mengawal kami selama gathering. Namanya La Pauta (detailnya nanti dibawah saya jabarin). Kemudian kita diajak makan siang dulu sebelum menyeberang.

IMG20170422101432
mukanya sumringah banget buk mau main ke pantai? hahaha

Penyeberangan ini melewati sungai kemudian laut yang menuju ke Derawan, lama waktunya sekitar 2 jam, bisa lebih jika ada gangguan kapal maupun badai. Selain jalur laut, bisa dengan jalur darat akan tetapi lebih jauh kalau ingin langsung ke Derawan, kecuali pengen mampir dulu ke Labuan Cermin atau Biduk-Biduk ya bagusnya milih darat saja.

IMG20170422114538

IMG20170422114747

Dannn setelah perjalanan penuh drama (hujan deras dan angin kencang) akhirnya sampai juga kita di Pulau Derawan yang eksotis ini, langsung deh poto-poto. Takjub banget saya lihat air di bawah sandaran kapal beningnya minta ampun. Hotel yang kami sewapun bagus, satu kamar untuk 2 orang. Airnya bersih, dan lantainya dari kayu.

IMG20170422140219
La Pauta Derawan Resort
IMG20170422141457
kamar kitaaaa

Acara hari ini seharusnya ada trip ke Pulau Gosong, tapi karena mendung dan tiba-tiba hujan jadinya kami hanya jalan-jalan di sekitaran Pulau Derawan.

IMG20170422161542
masa kecil yang bahagia

Kami jalan-jalan ke Derawan Dive Resort untuk sekedar minum kopi atau teh dan gorengan. Selain itu ada fasilitas banana boat yaa yang mauuu, tarifnya sekitar 50ribu satu orang, diputerin Pulau Derawan.

Day 3

Super excited, pagi-pagi langsung bangun ngajakin mas bojo jalan-jalan berburu sunrise dan foto produk (tetep sambil mikir jualan), tapiiii ternyata mendung, T_T. Jadinya kita jalan-jalan sebentar trus siap-siap buat next trip.

IMG20170423061524
berburu sunrise yang gagal

Maratua Island

Ohh yeahhh, ini nih ikonnya yang berasa banget kayak lagi di Maldives. Jadinya pas kesini, saya enggak langsung pakai baju renang, pakai baju yang instagrammable dulu biar puas foto-fotonya. Eheeee.

IMG20170423092318

IMG20170423092051
hello Maldives versi Indonesiaaaa

Kakaban Lake

Saya paling takut kalau ke laut dan ketemu ubur-ubur, serius. Takut gatelnya enggak sembuh-sembuh secara kulit saya gampang banget gatel-gatel. Nah, tapi kalau di Danau Kakaban, kalian akan menemukan ubur-ubur yang enggak buat gatal sama sekali, ubur-ubur yang kalau renang terbalik. Ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban, danau yang berupa air payau ini memang mengalami revolusi karena perubahan alam, sehingga mereka enggak nyengat dan renangnya kebalik gitu.

DSCN2389
beautiful creation ๐Ÿ™‚
DSCN2405
sehat2 ya jellyfish, till we meet again

Sedih sih pas kesini kok banyak yang ngapung tanpa badannya, cuman luarnya aja. Plissss, jangan diangkat terlalu lama ya ubur-uburnya, nanti matiii.

Notes di Danau Kakaban:

  1. jangan panik ya pas snorkeling disini, karena bukan air laut jadinya kita tidak bisa ngambang sempurna seperti di laut (bagi yang enggak bisa renang macam saya) plus karena ada bagian jurang, jangan langsung kaget kalau tiba-tiba enak-enak snorkeling ada jurang di bawah. Selow aja, selama pakai pelampung insyaAlloh aman.
  2. Patuhi yess tulisan-tulisannya, kasian kalau ubur-uburnya nanti punah
IMG20170423104528
patuhin yess aturannya

3. Jangan lompat dari atas plisss, enggak bakal bikin kalian keren, yang ada bikin ubur-uburnya lari.

4. Jangan long weekend pas kesini, kenapa? Rame banget cuy ๐Ÿ˜€ kayak cendol

Snorkeling di seputaran Kakaban

Seriously, ini lebih bening dari di Bunaken. Tapiiii, spot kita ini memang banyakan coral-nya ya, untuk ikan kurang begitu. Sadly, Gopro kita rusak dan kamera mas-masnya baterenya habis jadi dokumentasi underwater pas snorkeling disini enggak ada. Yah, tidak menyesal kok karena kadang tidak perlu kamera untuk merekam keindahan ini, biarlah ada selalu di pikiran dan hati saya.

Untuk ombak, pas kita datang lumayan besar ya dan arusnya juga gede, jadi berasa banget baru snorkeling sebentar sudah capai karena kebawa arus.

Sangalaki Island

Tujuan selanjutnya seharusnya adalah Pulau Sangalaki, tapi karena boat yang kita pakai sebelumnya rusak-rusak (fyi pas berangkat ke Maratua dan Kakaban beberapa kali boat berhenti karena macet, sehingga kita terombang-ambing di tengah laut, jadinya banyak teman-teman yang mabok jadi tambah mabok), kita tidak jadi ke Sangalaki.

Resiko sih, takut kemalaman sampai ke Derawan ditambah kalau boat rusak lagi di tengah perjalanan, mengingat cuaca memang mendung dan arus yang lumayan besar.

Feeding fish at Derawan Dive Resort

Sebagai kompensasi, Pak Anas tour guide kita mengajak kita feeding fish di area Derawan Dive Resort. Cukup duduk di pinggir sudah nemu pemandangan indah banget, ikan-ikan sudah ngumpul dan siap diberi makan. Saya turun dan snorkeling sebentar. Gilak ya, pinggir gini saja bagus banget, Subhanalloh. Makasih ya Alloh Kau ciptakan tempat sebagus ini.

IMG20170423160056
good place

Day 4

Enggak kerasa sudah mau pulang, hiks hiks. Belum rela pergi dari pulau nan indah ini. Soo, untuk menutupnya kita diajak ke Pulau Gosong yang hari sebelumnya enggak jadi kita kunjungi.

IMG20170424082215
fokus sama yang bawa tongkat panjang aja plisss ๐Ÿ˜€

Pulau Gosong merupakan gugusan pulau pasir timbul yang akan terlihat kalau air laut tidak pasang. Letaknya sangat dekat dari Pulau Derawan, cukup 5 menit sudah sampai.

IMG20170424083338
they all happy ๐Ÿ™‚

Dulu, saya cuman bisa mimpi pengen kesini, awalnya memang saya ngotot pengen honeymoon kesini, tapi nyari-nyari dan baca-baca review memang mahal ya kalau bukan rombongan, akhirnya kita pending dulu. Nah, sebelum anniversary yang pertama, bojo ngasih surprise ngajakin gathering ini. Saya bener-bener tidak tahu sebelumnya, karena tiket dll sudah diurus semua tinggal berangkat. Semoga lain waktu bisa kesini untuk menjelajah tempat lainnya plus diving.

IMG-20170508-WA0002[1]

Jadi, laut mana lagi yang akan kalian jajah selanjutnya kawan? Percayalah, Indonesia itu bagus banget nget nget.

Selamat Hari Pancasila, selamat makin cinta sama Indonesia.

INFORMASI TAMBAHAN

  1. Diving

Selain itu, di sini bisa banget yang mau diving ya. Kita tidak ada yang diving karena saya juga belum punya lisence, plus ombak yang besar jadi agak takut. Bagi yang minat biaya diving-nya: 400k untuk yang sudah pegang lisence dan 600k untuk yang belum punya lisence.

2. Berburu wildshark

Berburu wildshark? Yakinnnn? Duhhh sebenernya ragu-ragu juga awalnya pengen berburu, tapi akhirnya beneran enggak jadi karena beberapa alasan. Yang pertama, jam 5 pagi harus sudah siap berlayar ke tempat wildshark-nya. Kedua, random banget dimana belum tentu wildshark-nya ada di titik tersebut. Ketiga, jadwalnya terlalu mepet dengan trip ke Maratua dan Kakaban. Bagi yang mau berburu, pihak travel mau menyediakan kok, ada biaya tambahan tentunya, kemarin sekitar 500k untuk satu kapal (belum include makanan shark-nya)

3. Travel

Nama agen travel yang kita gunakan La Pauta.

Rombongan kemarin sekitar 26 orang dengan harga Rp 1.600.000,- per person

IMG20170424113318[1]
ini PL-nya

Plus minus:

+ resort nya bagus, nyaman banget

+ tour guide yang ramah dan sangat informative

+ bus yang digunakan juga nyaman

– agak kecewa dengan porsi makanan, untuk orang sebanyak kami belum semua makan sudah habis, padahal ambil porsinya wajar, akhirnya disediakan makanan tambahan

– agak kecewa kedua masalah boat yang tidak diperiksa dulu sehingga kami gagal ke Sangalaki

But overall, pakai travel ini enak kok.

*selain menggunakan travel bisa banget kok backpack-an, asal sudah collect info sebanyak-banyaknya sebelum berangkat ya.

4. Akomodasi:

Rute yang digunakan contohnya sbb ya, pokoknya cari saja penerbangan ke Berau atau ke Tarakan:

Jakarta-Balikpapan-Berau

Jakarta-Tarakan

Advertisements

20 thoughts on “Long Weekend di Maldives-nya Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s