WeekendTrip

10 Hal yang Menjadi Daya Tarik untuk Kebun Raya Bogor

Saya ini sudah hampir 5 tahun di Jakarta, dan sering juga main ke Bogor, tapi menginjakkan kaki ke Kebun Raya Bogor baru bulan lalu hahaha. Jadi ceritanya, pas mas bojo di Jakarta dan weekend bingung mau kemana, saya usul saja ke Bogor sekalian menjenguk adek ipar yang kuliah di IPB. Challenge ke Bogor saya mengajak suami menggunakan transportasi umum, KRL Commuter Line. Karena menurut hemat saya dibandingkan naik taksi online kan jauh trus macet, plus tempat tinggal kita dekat dengan Stasiun Tanjung Barat. Disamping itu dengan naik kereta ongkosnya lebih murah meriah oey (Rp 4000 saja sudah sampai stasiun Bogor). Dan Well, berhasil, bojo senang karena sampainya ternyata cepet plus keretanya sepi (ini penting banget).

img_9042

Sampai di stasiun, adek sudah ngejogrok nungguin kakak-kakaknya, dilanjut sarapan soto mie di dekat stasiun (yang membuat bojo malah pusing karena banyak jeroannya, hahaha. Besok-besok makan tahu tempe saja ya bojo, hihihi).  Kemudian nyari angkot menuju KRB.

img_8946

Di Kebun Raya Bogor memang ada apa sih? Kenapa banget harus dikunjungi? Berikut 10 hal versi saya yang membuat KRB sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata:

  1. Mudah di akses

Letaknya di tengah kota Bogor membuatnya mudah diakses dari mana-mana. Banyak angkutan umum yang lewat, kalau menggunakan kendaraan pribadi juga tidak sulit untuk menemukan KRB ini.

  1. Mata dan hidung dimanjakan dengan yang hijau-hijau dan warna warni

Bagi orang yang hidup di kota besar seperti Jakarta, melihat yang hijau-hijau dengan lapang tentu sebuah kesempatan yang ditunggu-tunggu. Dengan jalan-jalan ke KRB, kita bisa menghirup udara segar yang dihasilkan dari pepohonan dan kebersihan lingkungannya.

img_8961

Melihat koleksi bunga-bunga yang ada juga akan sangat memanjakan mata. Bagi saya ini hiburan dan refreshment mata, secara setiap hari ngadepnya laptop (lah, malah curhat).

img_8976

img_8978

  1. Banyak penjual makanan dan minuman

Kalau laper disini bagaimana? Jangan khawatir, banyak penjual makanan dan minuman di dalam, sehingga jalan-jalan tidak akan terganggu karena perut lapar atau haus. Disini juga terdapat penjual eskrim dari salah satu koperasi gitu, dimana harga satu scoop-nya 3000 atau 3500 ya saya lupa. Rasanya? Tak kalah dengan eskrim scoop yang sudah terkenal lainnya.

  1. Tiket yang tidak terlalu mahal

Harga tiketnya Rp. 14.000 ribu per orang-nya. Pas saya masuk saya tidak membaca harga sih, hanya disebutkan totalnya Rp. 45.000 ternyata yang seribunya untuk sumbangan PMI.

img_9046

  1. Tempat membeli oleh-oleh khas Bogor

Bagi yang sudah jauh-jauh ke Bogor dan ingin membeli oleh-oleh? Di dalam ada kok. Lengkap malahan. Mulai dari kaos-kaos bertulis BOGOR, bibit tanaman, tanaman yang sudah di pot-pot, angklung, pupuk dll.

img_8992

  1. Seperti jalan-jalan di museum, tapi hidup

Jalan-jalan ke KRB itu seperti jalan-jalan ke museum akan tetapi museum yang hidup. Bagaimana tidak? Isinya adalah pohon-pohon, bunga-bunga yang hidup segar-segar. Tempat ini cocok untuk liburan keluarga, maka tidak salah jika KRB banyak dijadikan tempat family gathering bagi perusahaan-perusahaan.

img_9041

  1. Museum Zoologi

Selain tumbuh-tumbuhan disini juga terdapat museum Zoologi loh, jadi kita bisa belajar juga untuk jenis-jenis hewan lewat museum ini. Ada jenis-jenis burung, serangga, ular, kura-kura dan lainnya.

img_9005

img_8999

Yang paling menarik adalah adanya replika ikan paus yang berada di pintu keluarnya.

tempat_wisata_di_bogor_museum-zoologi

  1. Istana Kepresidenan

Nah selain itu di kawasan Kebun Raya ini terdapat Istana Kepresidenan, kita sih tidak sampai masuk yaa, secara baru nanya sama satpam sudah disemprot “Yaa namanya istana presiden, tidak boleh masuk”

 -___-“

Fyi: pas saya nanya-nanya ke tukang taksi ternyata boleh masuk sebenarnya, hanya saja ada waktu-waktu tertentu yang dibuka untuk umum.

img_9026

  1. Memberi makan rusa

Bagi yang suka rusa atau kijang macam saya, bisa banget disini kita memberi mereka makan. Nah, rusa-rusanya ini ada di kawasan istana sebenarnya, nah trus memberi makannya dimana? Di luar pagarnya sodara-sodara. Di depan ada babang-babang penjual sayuran yang siap melayani kita para pemberi makan rusa, hehehe.

  1. Kebun Raya Bogor akan berusia 2 abad

2 abad kagak salah tuh? Iyaaaa, karena memang kebun ini dibangun dari zaman Belanda (pada tahun 1817) maka pada tahun ini akan menembus angka 2 abad untuk Kebun Raya Bogor. Jika kebunnya saja sudah hampir 2 abad, dapat dipastikan juga pohon-pohon dan tanaman yang ada disini usianya sudah tua-tua juga kan ya.

img_8984

Bagaimana? Masih bingung weekend mau kemana? Cuss ke Kebun Raya Bogor, kalian akan disambut dengan sejuknya udara disana.

img_8989

Kebun Raya Bogor

Alamat: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122, Indonesia

Buka : setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket:

Wisatawan domestik Rp 14.000/orang

Wisatawan asing Rp 25.000/orang

Advertisements

2 thoughts on “10 Hal yang Menjadi Daya Tarik untuk Kebun Raya Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s