WeekendTrip

Manado Joooo !!!!!!

Hello sahabat emansisapi, bagaimana kabar kalian menyambut long weekend libur Natal dan tahun baru di tahun ini? Pasti seneng dong yaa, kapan lagi bisa libur panjang sodara-sodara. Kemana rencana jalan-jalan long weekend-nya? Meski ini liburan yang latepost banget, tidak ada salahnya saya berbagi info ya. Saya mau berbagi cerita ‘sedikit’ mengenai salah satu #weekendtrip saya di Manado. Yess, siapa yang tidak tahu Manado, kota yang terkenal akan wisata baharinya, banyak wisata alam lain yang bisa kita jelajah di kota ini. Supaya lebih hemat, tentunya saya dan suami menggunakan Paket Wisata Domestik  yang bisa kita arrange sendiri waktu dan budget-nya.

Karena ini memang hanya #weekendtrip yang mana saya berangkat dari Jakarta Jumat sore sampai di Manado jam 11 malam dan balik Jakarta hari Minggunya, maka tempat yang saya kunjungipun tidak banyak dan merupakan liburan unplanned pas suami ada dinas kesana saya ikut menyusul kemudian. Tempat wisata yang berhasil saya kunjungi adalah:

  1. Taman Nasional Bunaken
DCIM100GOPROGOPR1821.
hellooooo Bunaken

Bunakennn!!! Another wishlist and dream come true saya, sudah lama saya pengeeennn sekali main kesini karena terpesona akan keindahan alam bawah lautnya dan mimpi saya kalau kesini pengin banget harus nyobain diving (gaya bener, renang aja kagak bisa) hahaha. Iyaaa, saya renang saja tidak bisa apalagi menyelam, tapiii karena saya pengin dan harus maka sampailah saya ke kedalaman laut (kira-kira hampir 10 meter saya menyelam) dan melihat keindahan ciptaanNya ini.

img_0539
Mas Michel, tour guide kita selama di Manado
img_0541
mulai diajak nyelam dalem-dalem
img_0616
oke Sir, lanjut turun lagi yaa

Takut dan hampir menyerah pas latihan dengan instrukturnya, tapi karena keinginan lebih kuat akhirnya bisa lah saya menaklukan tantangan ini, ecieee. Awalnya yang sedikit gagal adalah suami saya karena kacamata yang digunakan tidak support, tapi kenapa dia yang bisa bertahan lebih lama di bawah daripada saya? Kenapa? *protes

img_0664
kan rese oksigennya masih dan dia turun lagi, aku diem di kapal
img_0598
bagus to poto-potoku

Setelah persediaan oksigen di tabung menipis, jadilah kita main di permukaan air saja alias snorkeling, pemandangannya duhh pengen lama-lama kalau enggak inget setelah ini harus mutihin badan selama 3 bulan lagi.

DCIM100GOPROGOPR1846.
yang, kasih makan ikannya dulu gih, kasian udah pada laper

Sedikit tips dari saya kalau mau liburan kesini:

a. Rame-rame sajah, karena sewa kapal untuk nyebrang ke Bunaken lumayan mahal, kemarin itu saya menggunakan fast boat bisa muat sekitar 10 orang harganya Rp 800.000 (kita bertiga), kalau rame-rame bisa menggunakan kapal yang glass bottom (ada kacanya di bawah) seharga Rp 1.200.000

DCIM100GOPROGOPR1820.
fast boat

b. Kalau pengin nyelam: bawa wet suit sendiri kalau tidak mau menggunakan baju yang disediakan dari agen dan harus bener2 berani kalau beneran pengen nyelam, soalnya kalau tidak sayang sudah sewa mahal2. Biaya untuk menyelam @Rp 850.000 dan untuk snorkeling @150.000 (sudah lengkap dengan wet suit-nya ya), oiya kalau mau biskuit untuk ikan harganya Rp 25.000 per pack

c. Bawalah cemilan dan air minum yang banyak, meskipun ada took yang jualan cemilan tapi kan lebih hemat kalau sudah bawa sendiri ya. Dari pihak kapal juga menyediakan air minum, tapi karena kita minumnya banyak ya kurang jadinya. Hehehe.

d. Belanja disini sebenarnya harganya lumayan miring dan desainnya enggak pasaran, tapi ternyata pas di kota Manadonya harganya jauh lebih miring, kan apeu banget (ps: tapi menurutku kainnya lebih berkualitas pas beli di Bunakennya)

20160827_134308
dipilih-pilih bajunya

e. Kalau mau hemat makan siang beli sendiri sebelum menyebrang, karena ternyata disini makannya adanya resto-resto. Kami direkomendasikan oleh kapalnya untuk makan di salah satu resto namanya Nelson Rstoran. Pesan menu yang khas, ikan yang khas namanya apa saya lupa. Satu porsi harganya dibanderol Rp 170.000. Awalnya kami sudah menawari untuk bapak dan anak kapalnya ikut kita makan bareng, tapi katanya tidak usah kita makan sendiri, okee, mungkin mereka mau makan di tempat lain. Pas bayar, ternyata kita ditagih untuk makan 2 orang dengan harga yang sama. Hmm, bukan apa-apa sih, tapi kalau bilang dari awal kan enak yah, semacam merasa dibohongi, hallah. Untung aja bawa duit lebih, kalau enggak dimana ambil duitnyaaa???

f. Kalau sudah jago pakai kamera sendiri pas nyelam: Karena ini baru pengalaman yang pertama, jadinya kita memakai jasa dari mereka juga untuk dokumentasi. Harganya Rp 350.000 nanti dikasih CD isinya foto-foto kita semua

  1. Hotel Quality Manado

Penginapan yang kami pilih jatuh pada Hotel Quality Manado. Ini hotel best banget lah pokoknya, suami memang sudah datang duluan disini, hanya saja sebelumnya beliau menginap yang twin bed karena sharing ranjang dengan teman kantornya. Pas malam pertama karena rempong baru sampai harus pindah kamar, yasudahlah kita twin bed-an dulu, malam selanjutnya baru kita pindah yang single bed.

img_44511

img_44521

Nah pas check in, kita seperti biasa request untuk kamar yang non smoking dong tentunya, sampai atas ternyata kamarnya smoking, telp ke resepsionis kemudian malah di upgrade ke kamar yang lebih bagus, Alhamdulillah kalau sabar mah pasti dikasih lebih *minta ditoyor.

  1. Pasar Extreme Tomohon

Ekspektasi saya akan pasar ini adalah seperti pasar modern atau jual beli hewan yang elegan (maksudnya, seperti petshop di kota-kota besar gitu bentukannya) ternyata ini pasar biasa yang menyatu dengan penjual kebutuhan pokok lainnya.

DCIM100GOPROGOPR1956.
menerobos masuk pasar, pada heran kali ya, ni mbak mau nyari apa 😀

Eittts, tapi jangan salah kalau kesini kamu bakal mendapatkan yang luar biasa loh. Yang dijual disini memang terkenal ekstrim-ekstrim ya (namanya juga pasar ekstrim, gimana sih buk). Selain ular, babi, biawak, kelelawar, (bahkan monyet) dan anjing, hewan imut kesukaankupun ternyata diperjual belikan. Hikss, yang sabar ya mpus-mpus.

DCIM100GOPROGOPR1975.
hmmm, kasiannn mereka

Saran saja, bagi yang tidak kuat akan bau-bau, darah dan penderitaan akan hewan jangan kesini, kalau pingsan kan repot. Plus kalau bisa pakai baju berbahan kaus atau katun supaya ga gerah ya guys. Oiya, kalau mau lengkap melihat koleksi jualannya itu pas pagi (sebelum jam 8) dan bukan di hari Minggu, karena para penjualnya pada ke Gereja.

DCIM100GOPROGOPR1969.
duhhh gede pisannn itu ularnya
  1. Danau Tondano

Di danau ini kita hanya makan pagi plus siang yang dirapel (istilah kerennya Brunch, hehehe). Tempat makannya luas dan enak, plus bagus buat foto-foto akan tetapi airnya keruh. Memang disini kebanyakan untuk acara makan-makan dan pembudidayaan ikan-ikan saja kali ya, hihihi. Disini kami makan di Restoran Tumou Tou, pesan masakan khas Manado.

DCIM100GOPROGOPR2024.
nunggu makanan dateng
20160828_105937
segini banyak di makan bertiga, dan habisss

DCIM100GOPROGOPR2023.

  1. Danau Linow

Danau keceh ini wajib dikunjungi, airnya yang berwarna biru apalagi saat terpapar sinar matahari menambah cantiknya danau ini. Berbeda dengan Danau Tondano yang berwarna keruh, Danau Linow memang paling enak dan spot-nya instagrammable banget sih. Tiket masuknya per-orang Rp 35.000 sudah dapat free welcome drink (the atau kopi yang dipesan di D’Linow Café).

DCIM100GOPROGOPR2030.
pas sampai mendung, trus hujan
DCIM100GOPROGOPR2054.
setelah reda, mulai jalan-jalan dan foto-foto
DCIM100GOPROGOPR2126.
Alhamdulillah 🙂
img_45431
asal mula Danau Linow
  1. IPDN Manado

Di Manado terdapat kampus IPDN, eitttsss kita bukan mampir ke dalamnya hanya mampir lewat depannya saja trus ambil foto deh (kurang kerjaan banget sih kita).

DCIM100GOPROGOPR2029.
nebeng narsis ya Pak
  1. Klapertart

Kalau sudah sampai Manado jangan sampai tidak mencicipi makanan khas ini ya, kue lembut yang menggunakan kelapa muda dan enak disantap saat dingin ini paling enak untuk dijadikan oleh-oleh atau dimakan langsung. Dengan harga yang bervariasi mulai dari 25 sampai ratusan ribu wajib dicoba ya.

20160828_100602

Manado indah ya guys, ini baru Manado lho dan sebenarnya masih banyak spot lain yang bisa dikunjungi seperti Bukit Do’a, Patung Yesus Memberkati, Bukit Kasih dan lain-lain. Tentunya, masih banyak tempat liburan di Indonesia yang pastinya tidak kalah serunya untuk dikunjungi. Saya belum dan tidak akan bosan berkeliling Indonesia, dan akan selalu menyempatkan waktu untuk melakukan penjelajahan di tempat-tempat lain di Indonesia. Next dream is, I want to Labuan Bajo, Raja Ampat, Derawan, Toraja, Wairebo loh loh loh kok jadi banyak, hehehe.

DCIM100GOPROGOPR1883.
finding nemo, finding dori -nya kapan?

Bagi teman-teman yang memiliki cerita akan liburan yang seru Indonesia, bisa mengikuti Blogger Competition dari HIS Travel Indonesia periode 7 Desember hingga 7 Januari 2017, dengan 2 hadiah utama berupa menginap di hotel bintang 5 Indonesia selama 3 Hari 2 Malam senilai hingga Rp 10.000.000. Ayo-ayo yang suka berpetualang di Indonesia sekalian kita promosikan agar banyak yang berkunjung. Keterangan lengkap dapat dilihat di http://bit.ly/HISDomesticHoliday.

HIS Domestic Holiday - Blogger Competition
#HISDomesticHoliday
Advertisements

27 thoughts on “Manado Joooo !!!!!!

    1. iyaaah mas, alhamdulillah dikasih kesempatan nyelem-nyelem hehhe.

      bener banget, kita pas kesana juga minta rekomen yang halal sama mas yang nganterin, kalau ga ada yang nganter mending ngangkot trus ke mall nyari resto yang sudah jelas halalnya mas..
      kebetulan disini paling banyak menu masakan ikan mas

      Like

    1. hallooo mba sandraaa, iyesss mbakk kalo mau diving ternyata mahal, tapi yag penting tekadnya, gabisa renang aja bisa nyelem2 ternyata. heheh..

      kalo ke tomohon harus kuat iman ini, kasiannn.. hihihi

      thx mba sandra sudah mampirrr 🙂

      Like

  1. Haloo mba Novi salam kenal yaa. Seru banget baca postingan trip to Manado ini, jadi mupeng deh ke sana. Secara dulu diving di Bali geje banget dalemnya ngga bagus, kaya keruh (apa krn dpt pantai ga bagus ya heu..) Ini ko kece bgt lautnyaa

    Like

    1. halooo mba Mischa slaam kenal jugaa yaaa, salah satu surganya diving di Bunaken mbak, kalao Bali ak pernah liat sih ada yg bagus juga, tp dimana gtu lupa. hehehe
      iyaaa, wajib kalau kesini, snorkling aja ud ga pengen naik2 ke kapal hehhe.

      makasih mba sudah mampir 🙂

      Like

  2. udh lama pgn banget ke menado.. tp bukan utk diving nya, kalo itu mah aku ga bakal coba krn ga berani masuk k air ;p.. kulinernya itu mbak yg aku sukaaaaak ^o^…

    eh tapi kalo kesana pasar tomohon ga bakal aku liat ah.. bisa2 nangis kalo smape liat kucing dibunuh hanya utk dimakan.. kok tegaaaa :(.. kucing buatku mah udh kayak anak sendiri soalnya 😦

    Like

    1. hihihi, ayoookk mba ke manadooo, wajib banget diving kalo kesini meski ga punya lisence, yang penting berani. heheh

      makanany endes2, paling juarak tetep bakwan jagung, sambel sama klapertart..

      Pasar Extreme dicoret yak kebanyakan, suka ga tega liat hewan piaraan dikonsumsii :((((

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s