WeekendActivity

WeekendActivity: Blogworthy LivingLovingCreativeSession with Andra Alodita

Mengisi hari-hari weekend supaya tetap produktif, menyenangkan dan tentunya bermanfaat bagi saya sesimpel saya pergi keluar rumah kemudian menghabiskan waktu untuk mengikuti sharing, workshop maupun jalan-jalan. Nah, weekend lalu tepatnya tanggal 3 Desember 2016 saya mengikuti LivingLovingCreativeSession: Blogworthy with Andra Alodita.

img_8062

Sudah tahu kan Living Loving, sebuah blog tentang home and creative living yang dibuat oleh 2 orang super cantik bernama Nike Prima dan Miranti Andi Kasim, kemudian siapa yang tidak tahu Mba Andra Alodita? Pasti tahu dong lifestyle blogger kita satu ini sudah banyak yang kenal. Yang belum tahu bisa langsung cuss ke blognya. Acaranya nagapain aja sih? Apa yang dibahas? Oke, saya akan berbagi ilmu sedikit untuk kalian syukur-syukur bisa dipraktekkan (ngaca sendiri).

Acara diawali dengan pengenalan dari masing-masing pembicara kemudian dilanjutkan dengan peserta. Dengan berbagai macam background pekerjaan yang rupa-rupa kami mengikuti acara ini dengan fun dari awal sampai akhir.

img_8072

Memasuki acara inti dimana dijelaskan latar belakang pembuatan blog oleh ketiga pembiacara. Kegiatan menulis dari sisi Mba Nike maupun Mba Miranti memang merupakan hobby mereka sejak lama, sedangkan Mba Alo bukanlah orang yang suka menulis awalnya. Tapi, bagaimana ya caranya mereka tetap bisa eksis dan konsisten menulis? Berikut akan saya jelaskan apa yang saya dapat selama mengikuti acara ini ya.

  1. Ingin menulis apa sih sebenernya kalian?
  • Menulislah apa yang kalian sukai, sesuatu yang kalian suka, contohnya nih untuk Living Loving karena mereka suka dengan dekor rumah dan kreatif living maka membuat blog yang sesuai dengan apa yang mereka suka
  • Trend yang sedang kekinian dari sudut pandang kita. Tidak ada salahnya membahas issue yang sedang marak dari sisi pandang kita, tapiiii jangan lupa ya tetap disesuaikan dan balik lagi dengan tema blog kita, supaya tidak mencar-mencar.
  • What people need to know. Gampangnya gini nih, kalau orang berkunjung ke blog living loving bakalan tahu akan mencari ide baru untuk dekor rumah atau hal-hal kreatif lainnya. Kalau berkunjung ke Alodita, kita pengen cari materi tentang lifestyle, kalau ingin tahu review lipen ke Lizzieparra misalnya. Nah, kalau kalian berkunjung kesini kalian pengen tahu apa? Jawab jujur please… hehehe…

img_8082
ruangan workshop di Living Loving studio

 

 

  1. Bagaimana membuat blogpost kalian bisa ‘stands out’ ?
  • Be unique

Temukan gaya menulis kita sendiri, dan ini bisa dilatih. Caranya? Mulailah menulis dari sekarang. Karena semakin lama kita menulis, kita akan semakin bisa menemuka ‘gaya’ kita dalam menulis.

  • Be sincere

Menulislah dari hati. Ini perlu di bold banget, karena memang benar ya kalau menulis dari hati itu beda aja rasanya.

  • Be creative

Temukan dan buat variasi dari apa yang ingin kalian post.

  1. What is your blogging purpose?

Sebelum membuat blog, coba jabarkan apa tujuan blog yang akan kalian buat. Rincikan satu-satu juga boleh dan sebanyak-banyaknya. Tapii, jangan lupa nanti dipilih mana yang lebih akan kalian gunakan sebagai konten utama (ciri khas blog kalian).

  1. Mind Map your content

Membuat mind map ini sangat berguna karena lebih untuk membantu kita dalam menentukan tema dari tulisan-tulisan yang akan kita post nantinya. Baiknya kalau kita sudah mempunyai ciri khas, maka akan lebih mudah untuk ‘mengembalikan atau menyamakan’ dengan konten awal blog kita.

img_8086
finally met my idol, :*
  1. Andra’s creative Habit

Dari sisi Mba Alo nih, ada beberapa tips yang biasa dilakukan supaya tetap konsisten dan bisa kece di setiap postingan.

Yang pertama Mba Alo itu kemana-mana membawa jurnal, semacam buku harian yang digunakan untuk mencatat apapun, karena memang ya ide untuk menulis itu kadang bisa dating darimana saja dan kapan saja, kalau tidak dicatat, sudah pasti bisa lupa (ini saya sih tepatnya). Kemudian, menulislah setiap pagi, kenapa? Karena masih fresh, otak belum terbebani dengan kegiatan lain.

Yang tidak kalah penting adalah kumpulkan referensi sebanyak mungkin sebelum menulis kemudian tulis semuanya yang mau ditulis dan jangan lupa untuk edit tulisan yang mau di-posting. Selain edit tulisan, foto yang bagus juga lebih enak dilihat loh.

12-12-2016-10-03-28-am
Akhir session, Mba Marsha ak mintak potonya yaa 😀

img_8077
See you next workshop

Bagaimana? Sudah ada gambaran ya untuk membuat blog kita semakin menarik. Setelah mengikuti acara ini, saya jadi mengaca lebih jauh dan ingin lebih me’ramai’kan blog saya sendiri. Syukur-syukur banyak yang membaca, sehingga banyak yang bisa saya bagikan dan semoga memberi manfaat kepada yang lainnya.

Kalau kalian, apa aktifitas produktif weekend-mu? Mau juga ikutan acara seperti ini?

Advertisements

6 thoughts on “WeekendActivity: Blogworthy LivingLovingCreativeSession with Andra Alodita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s