Administrasi

Mudahnya Mengurus Surat Kepindahan Penduduk di Kota Blora

Hai hai guys, maaf kalau postingan saya suka random ya, karena memang ini blog selain buat uneg-uneg, jalan-jalan, sekali-kali boleh dong ya saya mengisinya dengan konten lain. Jadi, saat masa-masa idle (belum ada project) saya sempatkan untuk pulang ke kampong halaman mengurus kepindahan (hikss, saya mau pindah dari warga Blora ke Bontang, enggak apa-apa ya sama-sama B ini).

Nah, saya mau sharing ini proses-proses mengurus kepindahan dana pa saja yang di perlukan, sebagai referensi yang ingin mengurus kepindahan (terutama untuk yang domisili di Kabupaten Blora).

  1. Surat Perngantar dari RT, RW setempat

Surat pengantar ini tentative ya tergantung kelurahan masing-masing, tapi rata-rata pasti ada, jadi saya ke RT untuk mengurus surat pengantar perpindahan alamat dang anti status di KTP jadi KAWIN, haseeegggg.

Surat ini cukup ditandangani oleh Pak RT plus stempel.

  1. Surat Pengantar Kelurahan

Setelah surat pengantar RT kelar saatnya ke Kelurahan. Sertakan surat pengantar dari RT, disini kita dibuatkan surat pengantar kepindahan (bahasanya adalah Surat Keterangan Pindah Datang WNI – F-1.08).

capil-1
formulir F-1.08

Selain itu yang wajib diurus adalah Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan (F-1.05), surat ini untuk mengubah status ya, dari belum kawin ke kawin misalnya atau yang lainnya (untuk pindah alamat, dari kawin ke janda atau duda), siapkan materai 6000 yaa untuk kita bubuhi Ttd. Yang ini wajib yang mau ganti status ya yang ttd-nya, tidak bisa diwakilkan dengan surat kuasa.

capil-4
Formulir f-1.05

Nah, mumpung ke kelurahan, jangan lupa ya kalau misalnya KK yang asli hilang sekalian diurus surat pengantar, supaya tidak bolak-balik nanti pas di Dindukpil-nya.

  1. Ke Kantor Kecamatan

Setelah itu ke kantor kecamatan untuk minta ttd pak Camat atas surat F-1.08 nya. Kalau sudah langsung go ke Dindukpil-nya ya.

  1. Dindukpil

Saat kesini, monggo ke Koperasi dulu untuk membeli formulir Verifikasi sama Map yang kepindahan.

capil-6
syarat-syarat pindah datang (SKCK tentatif)

Data-data yang dilampirkan adalah:

  1. Surat Pindah (F-1.08) yang asli dan yang di fotocopy sebanyak 1 lembar
  2. KTP asli dan fotocopy sebanyak 1 lembar
  3. Foto 4X6 sebanyak 4 lembar
  4. Surat pernyataan perubahan data kependudukan (F-1.05)
  5. KK asli (kalau tidak ada bawa surat pernyataan kehilangan dari kelurahan)

Kalau itu semua sudah guys, tinggal ditunggu saja supaya surat kepindahannya jadi, pelayanan di Dindukpil Blora tergolong sangat cepat, saya memasukkan berkas yang sudah lengkap ya pukul 08.36 kemudian dipanggil pukul 8.58.

capil-2
antrian pertama, jam 7.15 sudah sampai 😀

Nah, saya diberikan satu bendel isinya Surat keterangan pindah yang ditujukan ke Kecamatan Bontang Barat, kemudian KK untuk orang tua yang baru. (Ps: KK nya masih di print dengan kertas biasa, dikarenakan blangko nya habis, mohon yang pusat segera dikirim ya supaya abah saya bias print KK yang baru dan aslinya)

Saran saya kalau urus beginian: datanglah dari pagi, supaya kalau ada koreksi bisa langsung diurus hari itu juga dan ada baiknya sebelum mengurus sudah tanya-tanya dulu ke kantornya supaya tidak banyak yang kurang.

Demikian proses pengurusan surat kepindahan saya, semoga berguna ya. Dannn, hello KTP dengan Wilayah Baru J.

Salam.

Advertisements

3 thoughts on “Mudahnya Mengurus Surat Kepindahan Penduduk di Kota Blora

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s