WeekendTrip

Amazingly Bontang!!!!! (Part 2) : Wisata Kuliner Makanan Khas

Jika berkunjung ke suatu tempat selain tempat wisata pasti makanannya kan yang diburu? Nah berhubung sebentar lagi akan menjadi warga sini jika sudah selesai urus-urus surat keterangan pindah dkk, maka nanti akan ada jadi tentang #Amazingly Bontang, untuk part 2 nya kali ini saya mau membahas tentang makanan-makanan yang khas dan pendatang di Bontang ya.

Berikut ini makanan-makanan plus tempat kuliner yang bisa di kunjungi kalau ke bontang yah guys:

  1. Gammi Bawis

Bawis ini nama ikan khas yang biasa hidup di perairan lautan bontang, ikannya kecil-kecil dan mungil-mungil gitu. Nah, kalo gammi ini adalah sejenis masakan khas, dimana semacam sambel bawang digoreng, warnanya yang merah menggoda untuk dimakan.

Kemudian penyajian gammi bawis ini, ikan bawis digoreng kemudian ditaruh di dalam wadah semacam cobek dari tanah liat, disiram dengan sambel gammi nya, plus minyak panas. Saat disajikan seperti makan di piring hotplate, hihihi.

gammi2
gammi bawis, nyummm

Makanan paling wajib yang perlu dicoba kalau ke Bontang. Tempat makanan rekomendasi yang menyedian gammi bawis ini adalah Rumah Makan Fajar, letaknya di belakang Ramayana Bontang. Selain itu jika sedang berjalan-jalan di Bontang Kuala bias mampir ke warung Si Bolang, disini gammi bawis dan olahan seafood lainnya juga juara.

Gammi ini selain dengan bawis sudah banyak variannya, ada gammi udang, gammi cumi-cumi, dll.

gammi1
gammi cumi RM Fajar
  1. Seafood

Bontang ini rajanya kalau sudah ngomongin seafood, mau ikan jenis apa saja juga ada disini, hehe. Yang paling special? Jelas kepitingnya. Selain kepiting, ada udang, ikan kerapu, ikan baronang dll.

Rekomendasi untuk makan kepiting dan Udang:

Warung Melati (sudah ada 3 cabang di kota Bontang, kepitingnya segar-segar, satu porsi cukup 85ribu berisi 3 sampai 4 potong kepiting betina alias petelur, mau buat oleh-oleh? Bias juga, tinggal pesan nanti akan dibungkus.

Selain itu ada Warung Mbak Zuly, untuk disini jujur saja saya belum mencoba, kata orang-orang enak juga sih, ada macam-macam bumbu untuk jenis makanannya.

Yang terbaru di Bontang ada Raja Udang. (belum bias review karena belum mencoba)

 Rekomendasi untuk makan ikan baronang:

Rumah Makan Buyung, disini bumbu ikan bakarnya cukup simple hanya margarin sama bawang tapi rasanya? Duh duh pengen nambah lagi, :D.

Rumah makan Chaplin: disini juga juara kalau bakar ikannya.

img_6898
kepiting saus padang Melati

3. Buah Naga

Buah naga? Iya buah naga disini sangat-sangat melimpah guys, di sepanjang jalan kala musim panen di took-toko buah, penjual buah dadakan dengan mobil dan di pasar-pasar akan penuh dengan buah naga. Tanah disini sangat cocok untuk mengembangkan penanaman buah naga. Harga jualnya per-kilo juga bervariasi tapi sangat murah menurut saya, paling mahal sekilo saya pernah beli 25ribu, paling murahnya? 4 ribu saja perkilo saya juga pernah. Ckckckck.

img_7094
buah naga Bontang

4.Pisang

Hah, pisang? Iya,  buah pisang disini juga melimpah, segala jenis pisang ada. Yang takjub adalah disini harga pisang raja satu sisir berisi berisi kurang lebih 20 buah harganya rata-rata 10ribu. Wow banget yaa? *jadi pengen buka pisang goreng

5. Amplang

Pasti sudah pada tahu kan ya kalau amplang ini khas nya daerah Kalimantan, paling favorit jelas amplang ikan tenggiri.

6. Olahan Seafood lainnya

Kalau bosan makan kepiting dalam bentuk utuh, bias saja kita santap dengan cara lain. Nah di Bontang ini juga ada beberapa macam olahan seafood, misalnya Abon KEpiting, Abon Ikan Tuna dan ikan lainnya.

Selain itu, olahan keripik dari seafood juga dapat dijadikan pilihan oleh-oleh yang tahan lama dibanding makanan jadi.

Gimanaaa, semoga bisa sedikit membantu yang mau ke Bontang, hihihi.

Advertisements

2 thoughts on “Amazingly Bontang!!!!! (Part 2) : Wisata Kuliner Makanan Khas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s