WeekendTrip

WeekendTrip: Museum Kebangkitan Nasional

Tanggal 1 dibulan baru, bulan lalu terdapat sumpah pemuda, hari ini? Terdapat pemudi yang pengen nulis-nulis lagi di blog nya biar enggak banyak sarang laba-labanya, hehehe. Nah, belum telat-telat banget kan yah membahas pahlawan, jadi ini saya mau membahas salah satu museum, biar kita tidak lupa akan kata-kata Bung Karno yaitu JAS MERAH (JAngan Sekali-kali Melupakan sejaRAH).

Hei hei, melanjutkan postingan-postingan yang dulu (yang ada di blog lama), pasti yang sudah pernah mampir-mampir ke blog lama saya tahu ya kalau saya ini museumholic. Iyah, kalau pergi kemanapun kalau bias yang dicari ya museumnya, hihihi.

Nah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang museum yang ada di bilangan Jakarta Pusat, tepatnya di Senen. Namanya Museum Kebangkitan Nasional.

Museum ini terletak di Jalan Abdul Rachman Saleh No 26, daerah Senen. Dekat banget dengan RSPAD Gatot Soebroto? Kenapa ya? Kok bias? Saya juga baru tahu pas kesana kalau ini museum dulunya adalah Sekolah Kedokteran yang dibangun oleh Belanda. Jadi dulu ini adalah sekolah-sekolah para calon dokter, salah satunya yang sangat terkenal yaitu dr. Soetomo. Bung Tomo dulu sekolah disini (dari sinilah lahir gerakan Boedi Oetomo). Nama universitas ini dulunya adalah STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen).

Saat masuk kita harus membayar tiket masuknya, harganya? Tenang tidak akan membuat kantong jebol. Saya lupa-lupa ingat, karena tiketnya hilang yang jelas berdua tidak sampai 10 ribu, saat keluar juga tidak ada bapak-bapak parker yang tiba-tiba nongol kayak di I***maret, hemat kan, makanya kalau mau jalan-jalan ke museum saja sudah hemat dapat ilmu banyak lagi, hehehe.

Kemudian setelah masuk kita disuruh ke tempat administrasinya, untuk mengisi buku tamu, dikasih selebaran tentang Museum ini dan ballpoint. Yak, langsung saja kita mulai masuk per-ruang nya. Disini juga ada judul masing-masing ruangan yang menyebutkan dulunya tempat apa, seperti tempat pertemuan, ruang kelas, bahkan asrama para mahasiswanya (asrama? Lengkap dengan tempat tidurnya? Yesss).

img_1106
ruang diskusi
img_1167
ruang kuliah

 Nah, selain itu di museum ini diperlihatkan alat-alat kedokteran jaman dulu yang segedhe2 gaban, seperti ini nih guys:

img_1126
elektroradiograf jaman dulu
img_1127
alat pemecah kepalaa?? iyaaa, T.T
img_1129
kuster, tempat mensterilkan peralatan kedokteran setelah selesai digunakan

img_1132

img_1133img_1134img_1136 img_1140

img_1141

img_1143

img_1152

img_1156

Mau lihat diorama orang operasi jaman dulu? Adaaaa

img_1164

Mau lihat asramanya? Adaaa (sssttt, ini pas masuk ada satu lampu yang kelap kelip, ndak tau kenapa?. Ruang asrama ini lengkap ya dari mulai Kasur, almari dan koper mahasiswa jaman dulu. Terdapat juga informasi mahasiswa-mahasiswa yang lolos dan diambil dari beberapa daerah plus lengkap dengan jabatannya.

img_1177
siapa yang mau bobok disini? hiiii
img_1180
seru sekali diskusinya Pak 😀
img_1181
jujur pas masuk kesini agak-agak gimana gitu *pegang erat tangan bojoooo

Kalau kehausan disini dan kelaparan gimana? Jangan khawatir, disini ada kok kantinnya, plus jual-jual souvenir. Jadi bias tuh kalau mau sekalian belanja souvenir, hihihi.

Satu lagi, canggihnya disini, jika kita kesana membawa smartphone kita bias download aplikasi yang ada di temple ditiap-tiap ruangan dan disebelah lukisan ataupun diorama kemudian kita bisa melihat video terkait dengan kegiatan tersebut. Mantabbb.

lanjut mengelili bagian lain disini, dan terdapat beberapa spot bagus yang wajib dikunjungi.

img_1194
patung para pengurus organisasi Boedi Oetomo
img_1197
Dokter Soetomo, Sang ketua

Nah, gimana? Tertarik untuk mengunjungi museum? Ayoo ramaikan museum. Ayo main ke museum.

museum-kebangkitan-nasional-v2

Museum Kebangkitan Nasional

Buka : setiap hari

Pukul : 08.00 – 16.00

harga tiket : kisaran 4000-6000

Bontang, 1 November 2016

Advertisements

2 thoughts on “WeekendTrip: Museum Kebangkitan Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s