workliday

Sepanjang Kapuas, Sepanjang Kehidupan

Pasti kalian tidak asing dengan Sungai Kapuas? Iya, sungai terbesar dan terpanjang se-Indonesia itu yang terletak di Kalimantan. Sungai yang mungkin bagi sebagian orang hanya dianggap “sungai”, tempat air mengalir sampai jauhhh (lah, malah nyanyi :D). Dan entah apalah lagi fungsi sungai yang ada di benak kalian semua. Mungkin banyak yang tidak tahu lebih dalam, apalah arti Kapuas bagi kehidupan? Terutama bagi warga di sekitarnya. Jangan salah, jika aku boleh menyimpulkan: antara Kapuas dan Pontianak itu bagaikan jiwa dan raga yang berkumpul membentuk satu kesatuan tubuh yang utuh. Bagaimana bisa aku bilang begitu? Let’s see…

  1. Jika dilihat lebih jauh dan mungkin bagi yang sudah pernah melihat Kapuas secara live (termasuk saya, yang bahkan sudah selama 6 bulan hidup dengan Kapuas). Sungai Kapuas lebih pantas dibilang laut yang tak berombak. Kenapa bisa begitu? Bayangkan saja, kapal-kapal tangki yang besar yang memuat minyak, batubara dll lewatnya Kapuas loh. Tuhanku memang Maha Adil, dengan kondisi alam di Kalimantan yang bisa dibilang hamper semuanya bukit, rawa dan hutan, Dia memberikan anugrah yang luar biasa lewat sungai. How sweet You are, J
Jpeg
Sunset di Tayan
Another sunset
Another sunset
  1. Sungai Kapuas dan “MCKM”

Bagi sebagian besar warga pinggiran Kapuas, sungai Kapuas tidak hanya sebuah sungai yang memberikan sumber airnya untuk dimanfaatkan. Hampir sepanjang hari saya temui aktivitas warga di pinggiran sungai ini. Yep, apalagi kalau bukan Mandi, Cuci, Kakus dan Mancing.

MCKM di pinggiran sungai Kapuas adalah pemandangan yang setiap pagi dan sore saya saksikan bersama rekan-rekan. Iyaa, sebergantung itu mereka dengan Kapuas. Dengan menggunakan sarung bagi kaum hawa dan celana cekak bagi kaum adam, mereka berbondong menuju pinggiran Kapuas dengan membawa seember pakaian kotor, alat makan dan memasak dan seperangkat alat mandi. Untuk kaum Adam biasanya mereka membawa pancingan, jika tidak di pinggiran mereka akan melakukannya di tengah sungai dengan mengendarai sampan.

Jpeg
semangat cuci2 nya ibuk

Jpeg

  1. Sumber Penghasilan

Menjadi pengendara sepit (berasal dari kata speedboat sebenernya) ataupun klotok (kapal yang lebih besar untuk menyeberang) adalah sebagian besar mata pencaharian penduduk di bantaran Sungai. Selain itu sarana transportasi ini memang yang paling nyaman dan cepat digunakan untuk memenuhi aktifitas warganya dari satu tempat ke tempat lain.

Yang agak menakutkan adalah jika hujan lebat turun (seolah badai), sudah dipastikan sepit-sepit ini tidak berlayar. Hanya klotok yang berani menerjang kejamnya auman sungai Kapuas. Hehehe

Pak Udin~
Pak Udin~
di atas Klotok
di atas Klotok
  1. Wisata Kapuas

Mau liburan yang murah dan gak pasaran? Sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus manja menyapu wajah? Ditambah dengan makan indomie goring? Duhh, You must try this. Liburan hemat ala-ala kami. Malem minggu paling asik memang jalan dengan teman-teman.

  1. Masjid di atas Kapuas J

Seperti masjid apung, masjid ini ada di atas pinggiran bantaran sungai Kapuas. Letaknya yang ada di pinggiran dermaga membuatnya semakin mantap berdiri kokoh diantara perumahan penduduk. Suasana yang harmonis, anak-anak kecil yang berlarian, para pedagang asongan yang saling hilir mudik menjajakan penganannya. Ahh, so dramatic.

Memasuki wilayah masjid yang masih sangat kental unsure budaya. Semuanya terbuat dari kayu, lebih hangat dan nyaman untuk beribadah.

Jpeg
Jpeg
Jpeg
Jpeg

Jpeg

And guys, what’s you see? Yess, there are birds on the top. Lovely

Jpeg
keliatan di pucuknya

Sebenarnya masih banyak yang yang bisa dilihat , tapi lain waktu kita bahas lagi ya sodara-sodara. Bubye, J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s