Uncategorized

Weekend trip to Pahawang Island

Hello everyone, sudah lama sekali tidak update perjalanan ngebolang saya yah, hehehe. Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya saat ngebolang ke Pulau Sumatera, tepatnya Lampung, lebih tepatnya lagi ke Pulau Pahawang.

Trip ini berawal pada tanggal 29 Agustus sampai dengan tanggal 1 September. Lama? Enggak, lama di jalannya mah ini. Awalnya aku iseng-iseng buka web www.backpackerindonesia.com dan disini ada yang nawarin trip ke Pahawang (mengunjungi beberapa pulau dan spot untuk snorkeling) dengan biaya under 500.000K. murah kan? Hehehhe. Langsung cuss hubungi mas-mas nya untuk bertanya lebih lanjut. Setelah harga dan tanggal berangkat fix, mulai nyebarin ke bbm deh. Alhamdulillah banyak yang mau ikutan. Sampai akhirnya hari H pun datang. Let’s go fun with us yaa para pembaca.

29 Agustus 2014

Sepulang kantor, sekitar jam setengah 5 langsung menuju halte busway Gambir 1 yang ada di depan kantor klien saat itu (Pertamina-red), and this is my last day to support this client yaa T.T. Karena bus jurusan Kalideres tidak kunjung datang, akhirnya saya naik bus jurusan harmoni saja. Sesampai di harmoni langsung transit mencari bus jurusan kalideres. Sekitaran adzan maghrib bergema, sampai juga di terminal kalideres. Then mencari musholla atau masjid terdekat darisitu, sekalian di-jama’ yah solatnya karena rencana berangkat pada pukul 19.00. Kemudian mas-mas backpack nya dating (mas Yazid) dengan dua personil lainnya, yaitu Alda dan Aldi. Tinggal nunggu teman yang kantornya di alam sutera, yaitu Bintang kejora hehehe.

Setelah semua personil dari Jakarta terkumpul, langsung mencari bus jurusan Merak. Ongkos busnya 21Rb sudah sampai merak. Kita naik bus arimbi, dan gak enaknya terlalu lama ngetem busnya jadinya udah bête duluan dijalan. How to kill bête? Ngobrol-ngobrol trus tidurrrrr. Sekitaran pukul setengah dua belas malem sampailah kita-kita di pelabuhan Merak. Langsung ngacir mencari toilet dan teman-teman yang sudah lebih dulu sampai di Merak. Meeting point Merak di depan Dunkin Donuts.

Sejenak, kita beli makan ringan dan minuman yang akan dibawa ke seberang, lantas membeli di toko yang ada di sana (kayaknya Alfamart yak, lupa deh uda setengah sadar haha). Kemudian setelah semua personil lengkap, bang Yazid beliin kita tiket buat naik kapal fery nya. Entahlah harganya berapaan. Setelah itu masuk ke dalam kapal dan naik ke tempat yang paling atas. Bentuknya kayak gini:

Jpeg

Nah, disini orang bebas tidur sesukanya tapi tetap harus pake aturan ya. jangan asal serobot, kalau memang sudah dipakai orang lain ya jangan sampai ndusel-ndusel. Untuk dapat tidur di dalam sini, kita harus membayar lagi. Satu orangnya satu tiket, satu tiketnya 6000ribu rupiah. Kalau mau sewa selimut dan bantal boleh, dengan biaya tambahan. Kalau kita-kita sih make tas yang ada sajah. Dengan kondisi seperti ini, jelas aku tak bisa langsung tidur. Caranya? ngobrol2 mpe pada capek sendiriii, hahaha.

Jpeg

30 Agustus 2014

04.00 AM

Kapal ferry ini berada di lautan sekitaran 4 jam, terhitung kita naik jam 12an lebih, sampai di Bakaheuni jam 4an lebih. Ini dikarenakan antrean kapal yang akan merapat di dermaga, sehingga kapal-kapal yang baru datang (seperti kapal yang saya tumpangi) harus rela antri dulu. Padahal jarak tempuhnya aslinya hanya 1 jam. Dinikmati sajalah, yang penting mau happy-happy.

05.30 AM

Kita sudah menunggu rekannya bang YAzid menjemput sampai jam segini. Kemudian datanglah yang ditunggu. Kita mengira kalau mobil yang ditumpangi semacam avanza atau xenia untuk travel, akan tetapi kenyatannya adalah semacam mobil pick-up yang diberi kurungan. It was amazing broh, namanya juga backpack. Justru dengan begini keakraban para personil lebih terbentuk #tsaahhh. Jadi bisa semakin kenal satu sama lain. Jalannya? Karena saya baru pertama kali menginjakkan tanah Sumatera. Takjub. Ngebut banget naiknya, berasa jalan milik sendiri. Hohoho.

Perjalanan darat ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 3,5 jam untuk sampai daerah pinggiran sebelum Pahawang (lupa nama desanya apa). Disini kita kerumah Geh Rudy, dia ini yang akan membawa kita mengarungi indahnya kepulauan Pahawang dengan kapalnya. Disini kita sarapan dulu, menunya ini broh:

Jpeg

Langsung pada ludes tak tersisa, maklumlah pada kelaperan sehabis perjalanan nan panjang dari Jakarta. Setelah selesai sarapan dan mencoba kaki katak (untuk snorkeling) akhirnya kita memutuskan untuk menyebrang ke Pahawang.

Jpeg

Menyeberang ini butuh waktu sekitar 1 jam. Dan sampailah kita di Pahawang Island. Turun dari kapal langsung menuju guest house

Jpeg

Beres-beres sebentar untuk kemudian packing yang akan dibawa ke spot snorkeling pertama. Yeay.

12.15 PM

Kita tiba di tempat snorkeling pertama, dan beginilah penampakannya kita-kita saat sudah kelelahan setelah hampir satu jam kita melakukan snorkeling, hahaha:

IMG-20140901-WA0088

Setelah itu kita lanjutkan lagi perjalan ke suatu pulau. Di pulau ini hanya ada dua rumah, iya 2 rumah doing, sudah seperti pulau pribadi saja yak. Nah disini kita makan siang, nebeng pipis dan juga solat. Pemandangannya? Ahhh, gak perlu banyak kata-kata deh:

Jpeg

Jpeg

Kemudian kita menuju ke suatu pulau lagi, Pahawang kecil kalau tidak salah yah. Disini sudah ada resort yang dibeli sama bule, jadi kita hanya boleh bermain-main di pinggirannya saja. And guess you know what we play? We played soccer, hahaha. Dan saya jadi kipernya, yihaaaa.

IMG-20140901-WA0071

Rencananya kita main-main sepakbola untuk menunggu waktu senja, dan apalagi kalau bukan sunset yang ditunggu. Kita belum beruntung, jadi tidak bisa melihat sunsetnya. Walhasil pulanglah kita ke homestay untuk bersih-bersih, makan, bakar-bakar ikan ditemani angin laut yang berdesir kencang dan tidur. Mari isi tenaga sebelum penjelajahan besok kembali.

31 Agustus 2014

Karena kemarin belum sempat melihat sunset, setidaknya pagi ini kita harus dapat sunrise. Tapi, memang sepertinya lagi-lagi belum rejeki kami. Mataharinya malu-malu buat keluar dari balik bukit. Sehingga kita memutuskan untuk bersiap-siap saja snorkling berikutnya.

IMG-20140901-WA0026

Jpeg

Sebelum kembali menyeberang meninggalkan Pulau, kita mampir dulu di Pantai Pasir Timbul. Jadi ini pantai ditengah-tengah laut. Pasirnya putih, tapi kasar bukan yang lembut-lembut gitu. Berhati-hatilah kalau berjalan disini.

IMG-20140901-WA0039

Jpeg

Then we go back to seberang. Bersih-bersih badan dan mengejar kembali menembus jalanan Lampung. Tak lupa mampir dulu untuk membeli Yen yen yang yahud tiada terkira, hehehe. Maaf yaa teman-teman jadi agak terburu-buru liburannya, karena saya harus mengejar pesawat pagi ke Pontianak :D.

Sekitaran isya’ kita sampai di Bakaheuni, berpamitan dengan yang lain. Lalu membeli makan malam dan mengantre ke atas untuk naik kapal. Sekitaran jam 9 kita baru naik kapal. Alhamdulillah kapalnya ini better daripada sebelumnya. Kita mendapat tempat tidur satu-satu, beginilah bentuknya.

Jpeg

Sekitaran jam setengah satu malam, kapal baru sampai di Merak, lama dikarenakan antrean untuk merapat, as always. Kemudian kita berpisah, berpamitan untuk menuju daerahnya masing-masing. Saya mencari bus jurusan Pulo Gadung, kemudian Mas Suhardi ternyata ikutan juga. Alhamdulillah, ga jadi sendirian di bus. Mari manfaatkan waktu untuk tidur. Jam setengah 4 pagi busnya sampai di sekitaran daerah Cempaka Mas dan saya minta turun disitu. Lantas kekost-an, beberes dan packing.

Iyaa, saya harus packing lagi untuk melanjutkan perjalanan ke belahan lain Indonesia dengan penerbangan jam 8.50 WIB. Perjalanan menuju sebuah daerah bernama Tayan Hilir, di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Happy traveling and enjoy your life, J

(baru bisa diselesaikan di Tayan pada tanggal 13 Februari 2015 pukul 09.00, :D)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s