Du'a · Muse · Uneg2

Kemana saja kamu selama ini?

my-way

pic from: http://kliksaladdin.com/?p=61

Sebuah pertanyaan yang menggelitik bukan? Kita ditanya, kemana saja kamu selama ini? Mungkin kita akan dapat menjawab dengan mudah jika pertanyaan itu datang dari Mama, Papa, kakak, adik, teman, saudara, guru maupun orang yang baru kita kenal. Akan tetapi, bagaimana jika pertanyaan itu datang Alloh, Tuhan kita Yang Maha Esa?

Kemana saja kamu selama ini? Bagaimana jika pertanyaan itu benar-benar datang dari Alloh? Sanggupkah kita menjawabnya saat itu juga? Atau kita akan sibuk mencari penyangkalan?

Saat kita bahagia, pernahkah kita menyadari dan mempertanyakan, darimana datangnya? Iya, kebahagiaan itu jelas datang dari Alloh. Dia sadar dan tahu betul bahwa kebahagiaan umatNya adalah yang diharapkanNya. Tapi, pernahkah kita mengingatNya saat kita merasakan kebahagiaan itu? Atau kita malah hanyut dalam rasa bahagia yang tak berkesudahan? Ternyata kita lupa. Kita benar-benar lupa bahwa kebahagiaan itu datang dari Yang Maha Pemberi Bahagia. TanpaNya?

Saat kita terjebak dalam situasi sulit, permasalahan yang sangat amat berat menimpa kita. Sadarkah Engkau? Disaat titik penghabisan antara usaha dan do’amu, disanalah tanganNya mengulurkan bantuanNya untukmu. Untuk hamba-hambaNya yang kadang atau bahkan lebih sering melupakan dan meminta pertolongan padaNya. Mereka lebih banyak sibuk meminta pertolongan kepada sesamanya tanpa sedikitpun memandang kehadiran Yang Maha Penolong. Terlebih lagi jika mereka meminta pertolongan kepada yang selainNya. Naudzu’ billahi min dzalik.

Saat kita merasa semua orang atau semua yang ada di dunia ini tidak mendukung kita. Tidak ada satu makhlukpun yang seolah-olah membenarkan maupun mengiyakan apa yang kita pikirkan. Bisa jadi karena dianggap terlalu aneh, terlalu norak atau mungkin terlalu anti mainstream kalau kata anak jaman sekarang. Tapi, lupakah kita kalau kita mempunyai Yang Maha Bijaksana. Dia yang tidak pernah pernah memandang rendah kaumNya. Dia yang selalu mendukung apapun keinginan, kegiatan dan bahkan “ide gila” kita. Asal saja, kita tak pernah melupakanNya.

Terlebih, saat kita merasa sedih. Saat kita merasa semua kebahagiaan kita direnggut. Bagaimana perasaanmu saat mengalami patah hati ditolak sang kekasih? Atau bagaimana perasaanmu saat kita ditinggal oleh orang yang sangat kita cintai? Bagaimana jika kita kehilangan apa yang sangat kita inginkan? Barang-barang yang sudah lama kita idamkan, kita dapatkan kemudian hilang begitu saja. Marahkah? Kecewakah? Sedihkah? Lantas, apa yang akan kita perbuat? Jika kalian berdo’a, meratap, bertanyamengapa dan mengapa kemudian menangis sejadi-jadinya kepada Yang Maha Pemberi, toss dulu. Berarti kita normal. Kita masih manusia biasa.

Jadi, apa yang ingin aku sampaikan?

Cara kita berdo’a, bersyukur dan memohon kepadaNya. Apakah sudah sama dalam segala kondisi? Mengapa kita hanya berdo’a dengan sepenuh jiwa dan raga jika kita dalam keadaan sangat merana? Mengapa? Karena disitulah titik terendah kita sebagai umatNya yang tidak bisa berbuat apa-apa. Kita sudah kehabisan daya dan upaya. Kita merasa payah dan sudah tidak sanggup lagi menanggung “semua beban” itu sendiri. Kita memerlukan pertolongan, kita memerlukan jawaban, kita memerlukan sandaran dan kita dengan sepenuh hati sadar bahwa hanya DIA yang bisa melakukan itu semua.

Sungguh, aku ingin bisa melakukan itu setiap hembusan nafas. Berdo’a, memohon ampun padaNya lewat cara yang sangat baik dan sempurna. Tapi, apakah kita hanya akan datang saat kita merasakan kesedihan yang mendalam. Saat kita merasakan kebahagiaan yang mendalam, apakah masih sama cara kita berdo’a dan ngobrol denganNya? Ingatlah, Tuhanmu pasti akan balik menanyaimu. Kemana saja kamu selama ini?

Tayan, 27 November 2014, 20.00 PM

Advertisements

One thought on “Kemana saja kamu selama ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s