POEM

Tentang Belajar

Aku belajar untuk lebih banyak diam,

Karena aku tahu, tidak semua kata wajib dikeluarkan

Aku belajar untuk lebih menghargai,

Karena aku tahu, menjadi yang dicampakkan itu sungguh menyedihkan

Aku belajar untuk lebih banyak mengoreksi,

Karena aku tahu, menjadi orang yang tidak berkembang itu suatu kemunduran

Aku belajar untuk lebih banyak tersenyum,

Karena aku tahu, kesedihan mendalam dapat meluluhkan keberdayaan

Aku belajar untuk lebih banyak menerima,

Karena aku tahu, penolakan itu mengakibatkan kebencian

Aku belajar untuk lebih banyak mendengar

Karena aku tahu, menjadi orang yang tidak didengarkan itu sungguh menyakitkan

Aku belajar untuk lebih banyak bersyukur,

Karena aku tahu, kenikmatan tidak hanya berupa kebahagiaan

Aku belajar untuk lebih banyak ikhlas

Karena aku tahu, merelakan adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan

Aku belajar banyak hal,

Karena aku tahu, aku tidaklah sepintar kalian

Tayan, 10 Desember 2014, 16.15 PM
Leave a Reply

